Ingat !!! Kecantikan yang Satu ini




Kami wanita Asia dilahirkan dibelahan bumi sebelah timur, kami dikarunia wajah dengan segala keistimewaan, bentuk wajah yang  pada umumnya bulat oval dengan postur tubuh yang lebih kecil.  Berbeda dengan saudara kami di Benua Eropa mereka memiliki keistimewaan tersendiri dan sepertinya lebih difavoritkan oleh manusia pada umumnya. Mereka memiliki bentuk tubuh mendekati kesempurnaan, dengan bentuk tubuh yang lebih tinggi memiliki kaki indah yang lebih panjang, wajah mereka pada umumya tirus memiliki hidung mancung dan kecantikan diatas rata-rata.

 Dengan tanpa kesengajaan berkembang definisi kecantikan yang berkiblat kepada kecantikan wanita Eropa. Wanita cantik itu adalah mereka yang memiliki tubuh yang tinggi kulit putih dan memiliki hidung mancung. Juga terlihat dari dunia fashion, kebanyakan model merek dagang terkenal adalah mereka yang tinggi dan langsing. Tak luput dunia hiburan tanah air para artis papan atas yang difavoritkan adalah mereka yang memiliki keturunan Indo-Eropa setingkat lebih diatas  mengalahkan artis pribumi. Yang lebih parah di negeri ginseng Korea, operasi plastik  untuk merubah tampilan fisik secara instan sudah menjadi trend  hanya untuk mendapatkan kecantikan bak wanita eropa. Sedangkan bagi mereka yang tidak sanggup melakukan operasi plastik maka akan menjadi korban iklan kosmetik kecantikan yang menjanjikan berbagai macam produk yang dapat membuat diri tampak lebih cantik.

Memang  sudah kodrat manusia untuk menyukai keindahan termasuk kecantikan tubuh, tapi sungguh meyesatkan ketika kecantikan itu  dikiblatkan kepada kecantikan fisik semata. Banyak wanita berdalih diet dan mengontrol pola makan secara berebihan hanya untuk mendapatkan tubuh langsing yang dianggapnya cantik.

Sampai kapan akan terus terbelenggu paham seperti ini, bukankah kecantikan sejati adalah kecantikan  hati bukan hanya kecantikan sebatas kulit, bukanlah ketika hidung tinggi dan runcing seperti menara Eiffel  ataupun body berbentuk gitar spanyol.

Kecantikan hati adalah sebaik-sebaik kecantikan yang akan memberikan kepercayaan diri  kepada pemiliknya dengan segala bentuk fisik yang dianugerahkan Tuhan kepadanya.

Ada sepasang suami istri usia lanjut menjalani kehidupan rumah tangga setelah bertahu-tahun lamanya dan mereka sangat  bahagia. Ketika sang suami ditanya apa yang bisa membuat rumah tangga mereka begitu bahagia dan langgeng setelah sekian lamanya. Maka jawabannya, dia begitu cinta kepada istrinya secara mendalam. Apakah karena istrinya begitu cantik ? sungguh mustahil diumur senja tak ada lagi tanda-tanda kecantikan berarti karena masanya sudah lewat kulitnya yang dulu mulus dan kencan kini dipenuhi oleh bercak-bercak hitam dan keriput. Rambutnya yang dulu tebal dan panjang terurai kini memutih dan menipis. Lalu apa yang bisa membuatnya begitu bertahan mencintai istrinya sampai sekarang. Dia menjawab, karena istrinya adalah orang  yang begitu penyayang, setelah bertahun-tahun lamanya dia ikhlas mendampingi dirinya dalam keadaan suka dan duka.

Rasa penyayang dan  ikhas adalah salah satu kecantikan hati yang dimiliki istrinya yang terkenang dalam benak suaminya bukan kecantikan fisiknya ketika muda dulu. Dari kisah diatas sudah jelas bahwa kecantikan fisik akan lekang oleh waktu sedangkan kecantikan hati akan terkenang selamanya.

Hal ini bukan berarti seakan-akan mengatakan bahwa kecantikan fisik itu tidak penting. Merawat tubuh itu perlu apalagi wanita, tapi perlu diingat jangan sampai  sibuk mencurahkan seluruh perhatian untuk menjaga kecantikan fisik yang bersifat semu, apalagi harus merubah cipataan Tuhan dan melupakan kecantikan hakiki yaitu kecantikan hati.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut